Instal USBasp win 8 dan 10

Di teknik elektro kita sudah tidak asing lagi dengan USBasp, dengan sudah dihilangkanya SERIAL port maka banyak nakama - nakama elektro yang beralih menggunakan USBasp, secara singkatnya USBasp adalah penghubung antara mikrokontroler dengan PC/Laptop, USBasb ini membutuhkan driver, dan perlu instalasi secara manual tidak seperti hardware - hardware komputer pada umumnya. akan tetapi jika nakama - nakama semua sudah menggunakan windows 8 keatas, maka driver tersebut tidak akan terinstal dengan baik, maka dari itu saya akan memberikan tutor tentang bagaimana cara mengatasinya. bagi yang belum mempunyai driver USBasp dapat didownload disini.

saya menggunakan windows 10 sebagai contohnya, jika nakama ada yg menggunakan windows 8, 8.1 atau 11 dan seterusnya :D cara - caranya pun sama

Langkah-langkah Install Driver USBasp di Windows 10 (Windows 8 dan 8.1 menyesuaikan ya :D) :

Klik tombol Search
Lalu Ketikkan "Change Advanced Startup Options"  



Setelah muncul menu "Change Advanced Startup Options" , lalu tekan "Restart Now"


Lalu pilih dan klik "Troubleshoot"


Lalu pilih dan klik "Advanced Option" 


Selanjutnya tekan "Restart" 


Lalu tekan "F7" 
Biasanya tiap merek laptop berbeda-beda ada yang menggunakan kombinasi Alt+F7ada juga yang Fn+F7 ada pula yang langsung F7. Kalau di laptop saya menggunakan kombinasi Fn+F7.





Sekarang Driver Signature Enforcement-nya sudah berhasil di nonaktifkan atau di disable. Langkah selanjutnya kita langsung meng-install driver USBasp-nya seperti biasa. 



Pasang USBasp ke USB laptopnya, lalu masuk ke Device Manager dengan cara klik kanan icon my computer lalu pilih Manage. Jika muncul kotak dialog, silahkan tekanok.


Lalu pilih Device Manager yang ada di sebelah kiri 


Nah disebelah kanan pilih Other devices, maka di situ akan terdapat USBasp yang bertanda seru (!). Hal itu sebagai pertanda bahwa device USBasp belum dikebali. Nah supaya bisa dikenali maka caranya ialah dengan menginstall driver USBasp-nya. Jika belum punya, silahkan download di bagian bawah artikel ini. Lalu extract dalam satu folder.

Selanjutnya klik kanan pada tulisan USB-asp dan silahkan klikUpdate Driver Software.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »